Monday, January 24, 2005

From A Discussion in the ResensiBuku Mailing List

From: Dessy Yasmita
Date: Mon Jan 24, 2005 2:48 am
Subject: Subject: Re: -- a voice from the Hidden Generations

akhirnya berhasil juga baca Subject:Re dan saya sendiri bakal bilang, "Buku ini gue banget!" Mungkin karena selama ini saya juga hidup dari internet, mulai dr imel, chatting, sampe nge-blog, jadi dunia yang diceritakan Estiti itu deket banget dengan kehidupan internet yang saya tau.

buat yang ngerasa buku ini beraura negatif, setidaknya buku ini menggedor hati untuk melihat sebuah generasi yang tersembunyi. terlepas apakah masyarakat menolak, menerima, atau memusuhi, tokoh2 seperti dgn cara hidup dan cara pandang seperti ini 100% nyata dan ada.

Bahwa tidak ada problem solving terhadap pertanyaan2 filosofis (ttg ketidakbahagiaan, kebosanan, dll) yg terbangun dalam kedua karakter ini, menurut saya itu bukan masalah. toh plotting2 actionnya sudah terselesaikan (keputusan utk hamil, cerai, berselingkuh, putus dr perselingkuhan, dll). soalnya pertanyaan filosofis kan memiliki jawaban yg sangat luas dan dengan mengetahui ketidakbahagiaan itu apa, mungkin kita bisa bertanya pada diri sendiri: kebahagiaan itu apa? Dan cukup hati kita saja yang menjawabnya.

anyway, it's a good book. scene-scene-nya terasa cepat dan lompatan waktunya juga cepat tapi ngalirnya enak. obrolannya fokus dan to the point.

jauh sebelum bukunya terbit, saya sudah direkomendasikan oleh teman saya untuk membaca buku ini dan saya setuju buku ini bukan chicklit. Estiti, maju terooosss! ;)

D.

No comments: