Tuesday, January 25, 2005

From A Discussion in the ResensiBuku Mailing List

From: "Eliza"
Date: Tue Jan 25, 2005 1:13 am
Subject: Re: [ResensiBuku] Subject: Re:

Poppy :
----cut
Ada satu komentar di belakang buku dari Eliza Dewi yg menyebutkan '...power dari buku ini: realita yg jujur.' Serem amat sih kalo jujurnya kaya begini? Jadi banyak toh orang2 yg kaya begini di dunia? Haaaah?? Jadi penasaran, Mbak Novita ini riset dimana Mbak? Emang punya temen2 yg kaya gini atau malah pengalaman pribadi? Hehehe... mudah2an nggak
ya?
----cut

Dessy :
----cut
buat yang ngerasa buku ini beraura negatif, setidaknya buku ini menggedor hati untuk melihat sebuah generasi yang tersembunyi. terlepas apakah masyarakat menolak, menerima, atau memusuhi, tokoh2 seperti dgn cara hidup dan cara pandang seperti ini 100% nyata dan ada.
----cut

Saya bisa memberikan komentar seperti itu, ya karena saya pikir buku ini mengangkat realita yang sudah ada di Indonesia. Saya kurang lebih juga setuju dengan komentar Dessy yang menyinggung soal generasi tersembunyi. Meskipun sebenarnya sih nggak tersembunyi2 amat. Hanya barangkali masyarakat kita banyak yang memilih untuk pura2 tidak tahu tentang mereka.

Waktu saya membaca Subject: Re:, saya menebak bahwa setidaknya novel ini akan menimbulkan dua reaksi. Yang tersentuh dan merasa novel ini "gue banget . Atau yang choose to ignore dan lari kembali ke sudut nyamannya. Saya tidak merasa salah satu reaksi ini ada yang salah. Toh, dua2nya bisa dimaklumi. Reaksi yang pertama wajar, karena sering orang bisa mendapat penghiburan dari orang yang jalan pikirannya atau pengalamannya mirip. Reaksi yang kedua juga wajar, karena bagaimanapun kamu pasti sedikit kaget kalo berbenturan dengan dunia yang begitu lain dengan duniamu. Apalagi kalo gaya pengungkapannya begitu jujur seperti dalam novel ini.

Bagi saya, novel ini cuma mau jujur. Meskipun yang diangkat dunia yang gelap Tapi toh jujur, tidak dibuat2. Begitu ya begitu. Meskipun resikonya ya terima reaksi2 yang agak keras. Yah, jujur itu sudah jadi barang langka sekarang ini. =)

Eliza Dewi - sealthewriter
http://sianjinglaut.blogspot.com

No comments: